Selasa, 16 November 2010

7 Tahapan Indonesia Menurut Ramalan Jayabaya

Dalam serat Jayabaya, kehidupan Nusantara (Indonesia) sejak lahir hingga berakhir, seluruhnya terbagi dalam tujuh jaman:

1. Kalajangga (Jaman Pujangga)
Banyak yang mengibaratkan jaman ini adalah jaman di masa pra kemerdekaan, dimana banyak muncul para pujangga yang melahirkan karya-karya besar seperti: Chairil Anwar, Marah Rusli, Sultan Takdir Alisyahbana, dll.

2. Kalasakti (Jaman Kemerdekaan dan Orde Lama)
Jaman ini dianggap jaman yang mengiringi munculnya tokoh-tokoh sakti yang memerdekakan Indonesia. Hanya dengan senjata bambu runcing mampu mendesak pasukan penjajah hingga pemimpin bangsa bisa memerdekakan Indonesia.

3. Kalajaya (Jaman Orde Baru)
Jaman kestabilan dan keunggulan bangsa. Pertumbuhan ekonomi nasional bangkit dan berkembang pesat. Namun bayangan para pejabat yang korupsi mulai menghantui, hingga Indonesia mulai menumpuk hutang,

4. Kalabendu (Jaman reformasi)
Kala=jaman, bendu=marah, artinya dimana orang mudah marah, saling memaksakan kehendak dan melakukan berbagai tindakan kekerasan. Di tengah situasi pelik, muncul Satria Wirang yang mencoba mengarahkan Indonesia ke jalan yang benar. Satria Wirang artinya tokoh yang sering terlunta-lunta akibat pemerintah terdahulu namun kemudian bangkit sebagai pemimpin.

5. Kalasubha (Jaman sukaria)
Berkat doa rakyat yang teraniaya, akhirnya Sang Khaliq memberi awal kebahagiaan lewat kemunculan Satrio Paningit yang membawa bangsa dari jurang kehancuran.

6. Kalasumbaga (Jaman Ketenaran)
Indonesia dipimpin figur yang membawa pengaruh tingkat dunia dan berjuluk Satrio Lelono (artinya pemimpin yang sering melakukan lobi tingkat duni) sehingga Indonesia makin berpengaruh di mata dunia internasional.

7. Kalasutra (Jaman Kebijaksanaan)
Setelah ketenaran didapat, Indonesia memasuki jaman kebijaksanaan dan dipimpin Satrio Pinandhito yaitu pemimpin yang berjiwa bagaikan seorang begawan atau ulama. Unsur kebijaksanaan dan nilai moral Indonesia kuno digali kembali dan diterapkan dalam setiap aspek pemerintahan sehingga Indonesia menjadi negara yang damai sejahtera.
Rasanya Jayabaya bukan nama yang asing (terutama orang Jawa). Ya, ia adalah raja Kediri yang sakti dan berkuasa tahun 1135-1137. Kemampuan meramalnya berasal dari kekuaan rohnya sendiri dan bukan dari kekuatan gaib atau makhuk halus seperti jin dan teman-temannya.
Ramalan tentang jaman Kalajangga, Kalasakti, Kalajaya memang terbukti benar. Berarti kita sekarang hidup pada jaman Kalabendu. Siapa ya yang menjadi Satria Wirang? Atau siapa kelak yang menjadi Satrio Paningit, Satria Lelono dan Satrio Pinandhito?


Sumber: shvoong.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar